Minggu, 10 September 2017

# air terjun tretes # hutan jati kandangan

Panorama Wisata Mendowo Kandangan

Panorama Wisata Mendowo Kandangan

Hutan Jati Kandangan Kediri
Kabupaten Kediri dan eksotisme pariwisatanya memang tak bisa dipisahkan. Pariwisata terus tumbuh menjadi sektor andalan yang menunjang perekonomian Kabupaten Kediri. Pemerintah Kabupaten Kediri memang memberikan perhatian khusus untuk bidang pariwisata. Beragam program terobosan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kunjungan dari para wisatawan. Selain perbaikan dan peningkatan kualitas di obyek wisata, juga diupayakan pengembangan beberapa kawasan penyangga wisata. Sehingga optimalisasi pariwisata bisa juga dirasakan warga sekitar yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan Desa Wisata.

Banyak desa di Kabupaten Kediri yang berpotensi menjadi Desa Wisata. Diantaranya adalah Desa Medowo di Kecamatan Kandangan. Desa ini terletak di ujung Timur Laut Kabupaten Kediri. Tepatnya di lereng Gunung Anjasmara. Suasana asri, sejuk dan pemandangan hijau langsung menyambut kami yang datang di desa ini. gemericik air dan suara burung adalah nyanyian alam yang merdu yang senantiasa terdengar menegaskan nuansa yang terbentuk.

Potensi yang ada di desa ini adalah susu sapi, kopi, cengkeh, durian dan wisata jelajah alam. Khusus untuk jelajah alam Desa Wisata ini menawarkan tracking hutan sejauh empat kilometer dengan sensasi melewati jalan bebatuan di tengah hutan yang masih alami. Kondisi tubuh yang fit menjadi prasyarat wajib bila hendak berkunjung. Karena lintasannya memang mengarah naik ke lereng gunung.

Air Terjun Tretes
Namun jangan kawatir, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan flora khas hutan tropis yang menyejukan mata. Selain itu rasa capek dapat terbuang dan kembali fresh karena pengunjung kerap dengan mudah menemui sumber air yang dingin dan menyegarkan. Pada titik akhir perjalanan, para pengunjung Desa Wisata Medowo akan sampai di obyek wisata Air Terjun Tretes.  Untuk menikmati air terjun ini tidak perlu mengeuarkan biaya. Pengunjung tidak dipungut biaya apapun. 


Di Desa Medowo juga menyediakan penginapan (Homestay) bagi wisatawan yang datang jauh dari luar Kabupaten Kediri. Makanan yang disajikan juga adalah makanan lokal khas warga yang biasanya disantap. Nasi, sambal terasi, sayur, buah, dan tentu saja susu segar. Seperti diketahui desa ini adalah salah satu Sentra Sapi Perah di Kabupaten Kediri.

Apabila menginap atau berkunjung disini pengunjung dapat pula mengikuti aktivitas sehari-hari warga seperti memerah sapi, mengurus kebun kopi, membudidayakan bibit cengkeh atau bila berkunjung di Bulan Desember hingga Maret dapat ikut memanen dan menikmati, serta membawa Buah Durian sebagai oleh-oleh.

Itulah sejuta pesona yang dihadirkan oleh Desa Wisata Medowo Kandangan Kabupaten Kediri yang akan memanjakan para wisatawan yang mengunjungi Desa Medowo. Rasanya belum pernah berkunjung ke Desa Wisata jika belum mengunjungi Desa Wisata Medowo

Sumber: http://pesonamedowo.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar